Sunday, May 12, 2019

Ide Jajanan Enak Kaki Lima

Indomie goreng, keju mozarella, nuttela, oreo, ovomaltine, macha, dan taro atau beberapa jenis bahan dan rasa makanan ini sedang hype saat ini sebagai jajanan kaki lima (street food) yang dijajakan para penjaja kaki lima (street hawker). Indomie goreng di tangan kreatif anak muda masa kini menjadi sesuatu yang bernilai lebih. Berbagai modifikasi olahan dan penyajian menghasilkan Indomie goreng yang lebih dari sekedar mie goreng instan rumahan bahkan tak jarang, menu-menu modifikasi baru terlahir dari dapur kreatifitas mahasiswa sebagai anak kost yang berjiwa enterpreuner. Ide kreatif mereka berhasil menembus batas menu konvensional cafe dengan menjadikan menu modifikasi fusion sebagai menu utama cafe ternama khas anak muda seperti Warunk Upnormal.

Hasil ide kreatif yang dituangkan menjadi menu andalan Warunk Upnormal tidak melulu harus tampil di cafe-cafe yang tergolong hanya bisa dinikmati oleh anak muda yang memiliki anggaran jajan berlebih. Nah, kali ini di blog ini saya bermaksud untuk memberikan ide menu jajanan yang kreatif dengan anggaran minimal agar bisa dijual untuk berbagai kalangan. Sasaran dari jajanan ini adalah pembeli usia sangat muda yaitu anak-anak, pembeli situasional yaitu para Ibu yang sedang mengantarkan anak sekolah, dan para ABG usia sekolah tingkat SMP sampai SMA, juga mahasiswi yang biasanya hobi jajan.


1. Kariwel
    Kariwel adalah makanan modifikasi yang berbahan sederhana. Kariwel disini adalah sejenis fuyunghai mini karena Kariwel juga adalah sebutan lain untuk kue kembang goyang. Kariwel yang saya maksud adalah kudapan berbahan utama telur, irisan kol, potongan bihun yang sudah direbus, tambahan tepung jika suka, lada atau merica bubuk secukupnya dan  kaldu ayam bubuk sesuai selera. Saus kariwel menggunakan saus cabe botolan, lebih pas saus cabe kemasan plastik khas abang-abang.

    Kariwel merupakan singkatan dari kari ngawewelkeun, bahasa sunda yang artinya tinggal dimasukkan ke mulut. Tinggal makan dalam artian karena ukurannya tidak lebih besar dari daya tampung mulut kita, cukup sekali suap saja untuk ukuran 1 (satu) buah kariwel. Itu hanya anekdot saja, kemyataannya anak-anak menikmati kariwel dengan beberapa suapan.

Cara memasaknya cukup mudah,
Siapkan mangkuk,
Masukan 1 butir telur, dikocok lepas
Masukan segenggam tangan dewasa irisan-irisan kol seukuran kelingking dan sejumput bihun yang sudah direbus. (Porsi kol lebih banyak dua kali dari porsi bihun).
Kocok semua bahan sambil masukan lada dan kaldu bubuk.
Setelah semua tercampur rata, digoreng menggunakan api kecil diatas cetakan kue kamir atau cetakan kue lumpur, bolak balik sampai mengeluarkan aroma harum khas kol goreng dan berwarna sedikit gosong. Angkat dan sajikan dengan cocolan saus cabe khas abang-abang. Makan selagi hangat.

Bentuk kariwel sewaktu digoreng seperti ini :

Image result for fuyunghai mini
sumber : googling : puyunghai mini

Penyajian seperti ini :

Image result for fuyunghai mini


Sekilas mengenai bentuk kariwel bisa disimak dari video youtube dibawah :





2. Pentol Banjar
 
    Entah kenapa sewaktu saya berlibur ke Banjarmasin dan sekitarnya, hanya kelezatan pentol banjar yang masih lekat dalam memori. Pentol banjar yang bertebaran di seantero Kalimantan Selatan ini memiliki kekhasan pada saus cocolnya yang berwarna merah kecoklatan atau merah kehitaman atau hitam kemerahan. Berbagai varian pentol yaitu : baso kerikil, tahu baso goreng/kukus, tahu telor goreng, atau siomay kukus dan varian lainnya tidak bosan dinikmati berulang kali. Ciri khas menikmati pentol adalah on the spot, abang penjaja yang akan mengambilkan kalau kita kesulitan, cukup dengan tusukan bambu atau kayu layaknya tusukan cilok, berapa buah dan jenis pentol yang dimakan itulah yang nantinya akan diperhitungkan. Karena varian pentol banjar sangat banyak, pembaca bisa melihatnya di berbagai chanel Youtube.

Menjual pentol enak dan murah bisa jadi ide bagus bagi kreator industri kuliner di pulau jawa. Pentol masuk cafe? kenapa tidak... berbagai dumplings, siomay dan lain-lain yang dulunya merupakan jajanan kaki lima khas Hongkong pun kini sudah menjamur di berbagai resto dikemas sebagai menu andalan berupa paket Dimsum.

Image result for pentol banjarmasin



3. Siomay Simping

Bagaimana jika kelezatan siomay berpadu dengan kerenyahan simping ? Rasanya sangat enak.
Simping, makanan renyah khas purwakarta dengan rasa asli kencur yang cenderung tawar sedikit asin ternyata akan sangat enak bila dijadikan sebagai alas siomay dengan bumbu kacang kecap baik siomaynya saja, basotahunya saja, kolnya saja, kentangnya saja, ataupun parenya saja dengan syarat 1 (satu) simping hanya untuk 1(satu) butir siomay. Simping yang digunakan harus berukuran besar dan ditumpuk dua agar saus siomay tidak tembus mengingat siomay sangat mudah hancur terkena kuah berair. Kecap yang digunakan adalah kecap manis sedang untuk bakso.

Jika anda memiliki resto siomay atau penjaja keliling, boleh dicoba menghidangkan siomay dengan alas simping dan atau dibentuk seperti cone eskrim. Tujuannya adalah agar siomay bisa dijual bijian atau satuan tanpa harus menggunakan alas piring karena faktor ekonomis, hemat air dan sabun cuci. Hal ini dulu pernah dilakukan oleh beberapa tukang siomay pikul keliling di beberapa daerah dan siomaynya laku keras khususnya di sekolahan SD. Seiring produsen simping lebar semakin minim, semakin kesini abang-abang siomay pikul sudah tidak lagi menggunakan simping lebar sebagai daya tarik untuk anak-anak. Penggunaan simping lebar kini hanya untuk pelapis cemilan rambut nenek, gula kapas, atau harum manis (aromanis).


Image result for simping


Image result for siomay vector


No comments:

Post a Comment